Kamis, 28 November 2013

Tetap Menjadi Inspiras

(Manusia dan Penderitaan)


Een sukaesih adalah wanita kelahiran 1 Agustus 1963 itu ingat betul awal dari kelumpuhannya. Ketika usianya masih 18 tahun, ia mulai mengalami sakit-sakitan. Selama 6 tahun mengalami sakit, Een masih bias berjalan. Namun, sejak 1987, penyakitnya membuatnya lumpuh dan hanya terbaring di tempat tidur, walaupun beliau mendapat cobaan yang begitu membuatnya tak bias bergerak tapi taka ada rasa lelah dan putus asa di wajahnya untuk tetap menjadi inspirasi banyak orang.

Nama penyakit yang diderita Een bernama rheumatoid arthritis. Penyakit inilah yang membuat Een lumpuh dab hanya bias berbaring saja ditempat tidur. Keterbatasab fisik karena tubuhnya yang lumpuh untuk menjadi penghalang. Tempat tidur.  Hamper 26 tahun sudah Een mengabdikan hidupnya untuk mengajar, memberi ilmu dan kasih sayang kepada siswa-siswinya yang dating silih berganti kerumahnya.

Een adalah alumni UPI Bandung setara D3. Dia sempat diterima menjadi CPNS dan sampan mengajar di sebuah SMP di Cirebon, namun karena penyakitnya itu dia mengundurkan diri dari calon pegawai negeri sipil.
Awal mula Bu Een memberi bimbingan adalah ketika ada anak tetangga yang bertanya kepadanta tentang soal PR yang tidak bias dikerjakan. Lama-lama, makin banyak anak-anak yang dating berkonsultasi materi pelajaran sekolah. Dan tidak sedikitpun pamrih yang diharapkan oleh Bu Een. Tempat tidur Bu Een pun menjadi tempat bimbingan belajar. Een menerangkan pelajaran sambil berbaring diatas tempat tidur. Tangannya tidak bias digerakkan, jadi dia menjelaskan secara lisan. Dari belajar otodidak melalui berbagai macam buku, hamper pelajaran SD hingga SMA mampu dijelaskan oleh Een, termasuk pelajaran Fisika yang dulu dia tidk sukai.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah Bu Een adalah berikan yang terbaik yang anda bias kepada orang lain, jangan mengharapkan pamrih atas apa yang kita perbuat untuk orang lain. Dan berusahalah menjadi inspirasi untuk banyak orang seperti Bu Een.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar