Jumat, 29 November 2013

Kegelisahan Itu.........

( Manusia dan Kegelisahan )

Kegelisahan adalah suatu perasaan dimana seseorang merasa bersalah dan terjepit diantara dua kenyataan. Setiap orang pasti pernah merasakan kegelisahan ketika senang, penyesalan, sedih maupun marah. Didalam kesenangan kita merasakan kegelisahan, gelisah akan kehilangan apa yang kita miliki sekarang, dan gelisah dalam penyesalan yaitu ketika kita melakukan kesalahan yang fatal menyebabkan rasa bersalah  dan sadar akan kesalahan yang kita perbuat. Contohnya kita mencuri dan kita menyesali perbuatan itu yang membuat kitaa gelisah. Gelisah dalam sedih maupun marah ketika kita gelisah untuk melampiaskan emosi kita. Jadi gelisah itu ada karna kitaa ciptakan sendiri mereka juga bisa hilang ketika kitaa bisa menghilangkannya.

Kegelisahan kadang bisa dilihat dari tingkah laku misal dengan berjalan mondar mandir, memandang jauh kedepan sambil mengepal ngepalkan tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya dengan wajah sayu dan malas bicara. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan yang sebabnya bermacam macam.

Usaha untuk mengatasi kegelisahan ini yaitu pertama tama kita harus bersikap tenang, berfikir tenang sehingga jalan keluar dari masalah akan kita bisa atasi.
Cara kedua yg digunakan untuk mengatasi kegelisahan bisa dengan jalan intropeksi, misal
1. Akibat yang paling buruk yang manakah yang akan kita tanggung
2. Akibat yang paling buruk apakah yang akan terjadi
3. Mengapa hal itu terjadi ?

Apa sebabnya hal itu terjadi bila kita mampu menganalisa akibat yang menimbulkan kegelisahan tersebut kita mungkin bisa mengatasinya atau kita dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah hidup dengan rasa sabar dan tabah atau dengan kata lain, lakukan sikap pasrah..serahkan semua masalah kepada Tuhan sang pencipta.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar