Rabu, 24 Desember 2014

5. Koperasi Diharap Dorong Ekonomi Nasional

Tebing tinggi. Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan berharap semangat gerakan koperasi mampu mendorong pembangunan ekonomi nasional secara mandiri, berkeadilan sosial dan berkelanjutan. Harapan itu disampaikan Walikota diwakili H Irham Taufik SH MAP pada acara puncak peringatan ke-66 Hari Koperasi Tahun 2013 di Kota Tebingtinggi, Kamis (3/10) di Gedung Balai Pertemuan Kartini kota lemang itu.
"Diketahui bersama bahwa koperasi merupakan salah satu pelaku ekonomi nasional, dengan tekat yang kuat, merasa memiliki dan mau bekerja keras, koperasi bersama usaha kecil dan menengah merupakan alat ampuh masyarakat Kota Tebingtinggi untuk lebih sejahtera," imbuhnya.

Ketua Dekopinwil Sumatera Utara, diwakili Raja PS Janter Aruan SH mengatakan, Kota Tebingtinggi merupakan indikator pesatnya perkembangan koperasi di Sumut karena semangat "marsiurupan" dari penggiat koperasi terdahulu terus tumbuh, berkembang dan tertanam di semua pengurus koperasi yang ada di Kota Tebingtinggi.
Menurut Janter Aruan, koperasi sama dengan membicarakan "marsiurupan" terkait perkembangan peraturan dan politik serta ekonomi. Jauh sebelum Indonesia merdeka, koperasi sudah ada melalui kegiatan "marsiurupan". Namun, saat ini untuk Sumatera Utara Koperasi/CU yang ada di Kota Tebingtinggi telah mengukir sejarah Koperasi di Indonesia.

Dalam usia ke-66, Janter meminta para pengurus koperasi harus tetap bahu-membahu, sehingga koperasi dapat berkembang secara pesat dan besar. Melalui Dekopinda Tebingtinggi dan Walikota katanya, agar difasilitasi kepada perbankan untuk membuka rekening koperasi baru di bank sebab saat ini pengurus pembukaan rekening koperasi baru sangat ketat.

Janter Aruan juga mengingatkan agar jangan mencampur-adukkan politik dengan dunia koperasi, "Kita mengingatkan agar gonjang-ganjing politik jangan dicampur-adukkan dengan koperasi, jangan bawa rapat-rapat koperasi untuk politik supaya kita tidak terpecah belah," imbuhnya.

Puncak peringatan Hari Koperasi ke 66 Tahun 2013 di Kota Tebingtinggi ditandai pemberian tali asih kepada tokoh koperasi di kota itu antara lain, H Saimin (mantan Ketua Dekopinda Tebingtinggi) dan H Burhanuddin Harahap BA (pimpinan Panti Asuhan Amaliyah).  Juga diserahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada para pemenang Lomba Koperasi Berprestasi tingkat Kota Tebingtinggi Tahun 2013 masing-masing Juara I Kopdit CU Mandiri, juara II Primer Koperasi Kartika Tiga Serumpun, juara III KPRI Dimensi, juara IV KPRI SMKN 1 serta juara V KPRI Eka Niaga Kota Tebingtinggi.

Hadir dalam acara itu, Kadis Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan HM Yunus Matondang SE, Kabid Koperasi Diskouperindag Tebingtinggi Ir Nasrullah, Plt Ketua Dekopinda Kota Tebingtinggi Drs Jakner Sijabat para pengurus Dekopinda serta pengurus koperasi se-Kota Tebingtinggi.  (ali yustono)

Referensi :

Tanggapan Saya :
Untuk menjadikan koperasi mendorong ekonomi Nasional diperlukan sumber daya manusia (SDM)) yang berkualitas serta profesional dalam bidang yang tertentu khususnya di bidang ekonomi, maka di perlukan pembinaan khusus untuk para anggota koperasi untuk menjalankan tugasnya dengan baik, profesional dan bisa sesuai dengan yang diharapkan yaitu dapat mendorong ekonomi nasional menjadi lebih baik dan maju.

Selain pembinaan para anggota koperasi harus di tuntut bersikap jujur dalam menjalankan tugasnya, karena tanpa kejujuran para anggota koperasi tidak akan menjadikan koperasi berjalan dengan semestinya menyebabkan koperasi dihentikan dab ditutup. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar