Jumat, 14 November 2014

KOPERASI

PENGERTIAN KOPERASI

Koperasi adalah sebuah badan usaha bersama yang berdasarkan asas kekeluargaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi itu sendiri. Koperasi bisa dikatakan sebagai sebuah bisnis mikro yang bergerak dalam bidang penyedia barang yang dibutuhkan oleh masyarakat suatu koperasi tertentu. Usaha koperasi bisa dibangun oleh siapa saja. Asalkan usaha yang dibangun berdasarkan asa kekeluargaan dan hasilnya benar-benar diperuntukan bagi kesejahteraan anggotanya.
Usaha koperasi yang dibangun mestinya memeiliki tujuan yang jelas. Hal ini dimaksudkan agar dapat mempermudah anggota dalam menjalankan usaha tersebut. Jika tidak memiliki tujuan yang jelas, badan usaha koperasi tidak berjalan dengan baik. Berikut beberapa tujuan umum Badan Usaha  koperasi.

JENIS-JENIS KOPERASI

Jenis koperasi berdasarkan jenis usaha

a. Koperasi Serba Usaha
Koperasi serba usaha adalah koperasi yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok di masyarakat. Koperasi ini bisa didirikan olehsiapa saja asal berdasarkan ketentuan prinsip dan tujuan koperasi.
b. Koperasi Produksi 
Koperasi produksi adalah sebuah badan koperasi yang menjual berbagai jenis barang hasil produksi. Koperasi prosuksi beranggotakan para produsen yang bekerja sama mengembangkan hasil produksinya masing-masing dalam suatu badan usaha koperasi itu sendiri.
c. Koperasi Konsumsi
Koperasi konsumsi merupakan usaha koperasi yang menyediakan kebutuhan pokok sehari yang dibutuhkan masyarakat seperti bahan makanan, pakaian dan barang dari jenis sembako lainnya. Koperasi konsumsi bisa didirikan oleh masyarakat apa saja yang ingin mengembangkan usahanya dengan sistem koperasi.
d. Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi simpan pinjam merupakan usaha koperasi jasa keuangan. Usaha koperasi simpan pinjam layaknya sebuah Bank tempat anda menyimpan uang yang menyediakan jasa simpan pinjam.

Jenis Koperasi Berdasarkan Keanggotaannya

a. Koperasi Pegawai Negeri
Koperasi pegawai negeri beranggotakan pegawai pemerintah. Tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan anggota itu sendiri. Badan usaha koperasi pegawai negeri biasanya menyediakan barang-barang kebutuhan pegawai dan apa saja yang dibutuhkan.
b. Koperasi Unit Desa
Koperasi unit desa adan jenis badan usaha koperasi yang menyediakan kebutuhan pertanian. Koperasi unit desa beranggotakan masyarakat setempat.
c. Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah merupakan suatu jenis koperasi yang beranggotakan warga sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, jajaran gurudan para siswa. Barang-barang yang disediakan dikoperasi sekolah adalah kebutuhan alat-alat sekolah dan lain sebagainya.

Lambang Koperasi Yang Lama

Arti dari Lambang :
  1. Gerigi roda/ gigi roda : Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota dengan memenuhi beberapa persyaratannya.
  2. Rantai (di sebelah kiri) : Ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa anggota sebuah Koperasi adalah Pemilik Koperasi tersebut, maka semua Anggota menjadi bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yang mengikat sesama anggota adalah hukum yang dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan bersama-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi dan Kapas akan mudah diperoleh.
  3. Kapas dan Padi (di sebelah kanan) : Kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (makanan). Mayoritas sudah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.
  4. Timbangan : Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi harus adil dan seimbang antara "Rantai" dan "Padi-Kapas", antara "Kewajiban" dan "Hak". Dan yang menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai.
  5. Bintang dalam perisai : Dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan idiil koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan, yang mendengarkan suara hatinya. Perisai bisa berarti "tubuh", dan Bintang bisa diartikan "Hati".
  6. Pohon Beringin : Simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang dirancang oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon disebut kayu (dari bahasa Arab "Hayyu"/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi.
  7. Koperasi Indonesia : Koperasi yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola dan tata-kuasa perkoperasian di luar negeri juga baik, namun sebagai Bangsa Indonesia harus punya tata-nilai sendiri.
  8. Warna Merah Putih : Warna merah dan putih yang menjadi background logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.
Lambang Koperasi Yang Baru


Arti dari lambang :
  1. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar bunga yang memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.
  2. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:
    Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
    Sebagai dasar perekonomian nasional yang bersifat kerakyatan;
    Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi;
    Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global.
  3. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan zaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi, teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik di dalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya.
  4. Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna Pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa, selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya.
  5. Lambang Koperasi Indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif oleh Gerakan Koperasi di Seluruh Indonesia.
  6. Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat :
    Tulisan : Koperasi Indonesia yang merupakan identitas lambang;
    Gambar : 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia;
    Tata Warna :
    1. Warna hijau muda dengan kode warna C:10,M:3,Y:22,K:9;
    2. Warna hijau tua dengan kode warna C:20,M:0,Y:30,K:25;
    3. Warna merah tua dengan kode warna C:5,M:56,Y:76,K:21;
    4. Perbandingan skala 1 : 20.
Tujuan Koperasi Secara Umum :
1. Meningkatkan kesejahteraan anggota
2. Menyediakan kebutuhan para anggota
3. Membangun ekonomi Indonesia



Referensi :
http://coffeblogs.blogspot.com/2014/02/usaha-bersama-koperasi-tujuan-manfaat.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Rabu, 09 April 2014

DIRECT AND INDIRECT SPEECH

Direct Speech ( Direct sentence ) is a sentence of words spoken by the speaker directly .
Indirect Speech ( Indirect sentence ) is a sentence spoken to report the words
speaker to others . So , Indirect Speech ( Reported Speech ) is used when we want to
reported the words of one person to another indirectly .

Direct & Indirect Speech consists of 3 types:
I. Statement ( statement )
II . Command ( command )
III . Question ( question )

The changes that need to be from Direct to Indirect Speech :

1 . To be & Auxiliary Verbs
Direct Indirect
Am / is / are - was / were
Shall / will - should / would
Can - could
May - might
must
Have / has to - had to
ought to

2 . Time & Place ( adverb of time and place )
Direct                                        Indirect
now                  -                      then
tomorrow         -                      the following day
next week         -                      the following week
tonight             -                      that night
today                -                      that day
yesterday           -                      the day before
last night           -                      the night before
last week           -                      the week before ,
                                                the precious week
here - there
this - that
these - those

3 . tenses
Direct                                                       Indirect
Simple present                       -                   simple past
simple past
                                              -                   Past perfect
Present perfect
Present continuous                 -                  past continuous
Present perfect continuous      -                  past perfect continuous
Simple futures                        -                  futures past

I. STATEMENT
In Indirect Statement we use that word ( that ) as a liaison between sentences
introduction ( introduce phrases ) and the words reported (reported words ) . Sentences
introduction in the indirect statement is :

He said
He said to me that reported + words
He told me

eg - Mary told her friends " I have been to Bali twice . "
- Mary told her friends that she had been to Bali twice .

- Father said " I am going out of town tomorrow "
- Father said that he was going out of town the following day .

- Mary told John "my father warned me last night"
- Mary told John that her father had arned her the night before .

- My sister said to me " I do not like tennis "
- My sister said to me that she did not like tennis .

- Tom said " I did not go to school this morning "
- Tom said that he had not gone to school that morning .

If the introductory sentence in the form of Simple Present Tense , then the sentence is not reported
changes .
eg - John says " I will go to London tomorrow "
- John says that he will go to London tomorrow

- Mary says " I have seen that movie "
- Mary says that she has seen that movie .

- My brother says " I met Tom at the party last night"
- My brother says that he met Tom at the party last night .

- Tom says " I do not like English "
- Tom says that he do not like English .

 II . COMMAND
Command was divided into two (2 ) parts:

1 . positive Command
In order to add to our positive in front of the command line , as a liaison between
introductory sentences and orders are reported . Introductory sentences in these types are :
to + infinitive
He asked me
He told me
e.g - He asked me " Open your book "
- He asked me to open my book .

- Mary told me " Stop talking to Jane "
- Mary told me to stop talking to Jane .

- Mother asked John " Pay attention to what I say "
- Mother asked John to pay attention to what she says .

- John told Mary " Wait until I come "
- John told Mary to wait until he comes .

- The teacher said to the students " Be quiet while I'm talking "
- The teacher told the students to be quiet while she is talking .

2 . negative Command
In negative commands us not to add the commands are reported .

e.g - Mary told John " Do not wait for me"
- Mary told John not to wait for her .

- I told him " Do not mention it to anyone "
- I told him not to mention it to anyone .

- Father asked her " Do not go there alone "
- Father asked her not to go there alone .

- Ira asked Tom " Do not come to my house again"
- Ira asked Tom not to come to her house again .

- Mothers asked John " Do not smoke too much"
- Mother asked John not to smoke too much .

III . QUESTION
When the question directly (direct question) use question words such as ; Where ,
When , Why , What , Who , How , etc. , then these words are used as
liaison in reported Speech . Questions were reported berubaha into shape
positive . Pengantarnyaialah sentence :

positive Form
He asked me where
                 When etc .
eg - The man asked me : " Where do you live ? "
- The man asked me where I lived .

- John asked Mary : " Why do you get angry with me ? "
- John asked Mary why she got angry with him .

- I asked him : " When did you get back from your trip ? "
- I asked him when he had got back from his trip .

- He asked me : " How will you go there ? "
- He asked me how I would go there .

- John asked the girl : " What is your name? "
- John asked the girl what her name was .

When the question was not directly asked to use words , and only a
question in the form of " Yes and No Question " , then we use the words
if , Whether ( if , if ) as a liaison between the introductory sentence and
reported questions .

eg - The boy asked John : " Does Mary live near here ? "
- The boy asked John if Mary lived near there .

- The teacher asked her : " Have you finished your homework ? "
- The teacher asked her if he had finished her homework .

- Mary asked me : " Did you she John at the party the night before .
- Mary asked me Whether I had seen John at the party the night before .

- We asked them : " Will you go to the movies with us tonight ? "
- We asked them Whether they would go to the movie with us that night .

- Mother asked John : " Are you going to marry her ? "
- Mother asked John if he was going to marry her .

Note : Neither Whether if it can be used interchangeably and

IV . REPORTED SPEECH / MIXED TYPE ( Combined Type )
If the questions and statements are incorporated into Reported Speech then we use the word
as ( as ) as a connector on the sentence statement reported .
In this case the sentence of the statement reported later .
Consider the following examples :
eg - She asked me : " What is the time ? " , my watch has stopped .
- She asked me what the time was as her watch had stopped .

- Ira asked John : " what is the matter with you ? " You do not look well .
- Mary asked John what the matter was with him as he did not look well .

- I asked her : " How long have you been studying English ? " Your accent is very good .
- I asked her how long she had been studying her English accent as he was very good .

- He told me : " I am off to the movie , " Where are you going ? "
- He told me that he was off to the movie and asked me where I was going .

- She said : " It is cold inside , " Is the window open ?
- She said that it was cold inside and asked if the window was open .

When the direct question along with the answer Yes and No , then we use the word
but as the liaison for the answer and said andsebagai No. liaison to answer Yes .
eg - He asked me : " Will you go out wiith me ? " No , I will not .
- He asked me if I would go out with him but I said I would not .

- Mother asked John : " Have you had lunch ? " No , I have not .
- Mother asked John if he had had lunch but he said he had not .


- She asked me : " Can you meet me tomorrow ? " No. .
- She asked me if I could meet her the following day but I said I could not .

- I asked her : " Do you like vegetables ? " Yes , I do .
- Is asked her if she liked and she said she veggetables did .

- Mary asked John : " Did you phone me last night ? " Yes , I did .
- Mary asked John if he had phoned her the night before and he said he had .

- Father asked me : " Are you going to the movie tonight ? " Yes .
- Father asked me if I was going to the movie that night and I said I was .

Direct & Indirect with Auxiliaries
Consider the changes that need to be from Auxiliaries
Direct Indirect
Was / were - had been
can - could
may - might
must & have to - had to
must not - was not to / musn ' t
need not - did not have to

e.g - Mary said: " I was sick yesterday . "
- Mary said that she had been sick the day before .

- The man asked me : " Can you speak English ? "
- The man asked me if I could speak English .

- Mary said to John : " You may come to my house tomorrow . "
- Mary said to John that she might come to his house the following day .

- Mother told John : "You must study harder if you want to pass the exam . "
- Mother told John that he had to study harder if he wanted to pass the exam .

- The police told me : "You must not drive without license . "
- The police told me that I was not to drive without license . "

- The teacher told them : " You need not hurry . "
- The teacher told them that they did not have to hurry .


Example sentence

- Simple Present becomes Simple Past
a. He told me , " I go to work everyday . "
b . He told me that he went to work everyday .

- Present Continuous Past Continuous become
a. She told me , " I am playing music now " .
b . She told me that she was playing music then .

- Present Perfect becomes Past Perfect
a. They told me . " We have bought a car" .
b . They told me that they had bought a car .

- Simple Past be the Past Perfect
a. He told me , " I went to London yesterday " .
b . He told me that he had gone to London yesterday .

- Simple Future Past into the Future
a. He told me , "I will go to university next year" .
b . He told me that he would go to university the following year .

- Future Past into the Future Past Perfect
a. She told me , " I should go there if I were you . "
b . She told me that she would not have gone there if she had been me .

reference :

Minggu, 23 Maret 2014

CONVERSATION (Softskill B.Inggris )

Suster: Hello Miss I’m nurse Caca, I will take care of you in this ward

Bella :  Hello, sus thank you

Suster: By the way, how do I call you ?

Bella: You can call me Miss Bella

Suster: Okey Miss Bella, this is the time for check your condition

Bella:  Okey nurse, please

Suster: For the first I will check your temperature in your armpit. okey good, and then your heart beat in your wrist. and now I check your blood pressure.

Bella: Finish nurse?

Suster: Yes, finish Miss. All of your condition is normal but your blood pressure is high Miss.

Bella: Oh yes nurse, I have a blood pressure disease. You not wrong nurse.

Suster: Do you have a complication?

Bella:  I dont have nurse, and I never want it

Suster:  Yes Miss, do you like eat a salty foods?

Bella: Yes nurse, I have blood pressure disease, yet i eat a salty foods

Suster: Of course, that the reason why do you have the disease Miss

Bella:  Yes I was realized it nurse

Suster: You should not consume or reduce a salty foods like that Miss. So you can be healty and your blood pressure is low

Bella: Yes nurse, you are right

Suster: Oke Miss, I have to visit to another patient. If you need help or anything, just please call the button. A nurse will help you.

Bella: Oke nurse thank you

Suster: You are welcome Miss, see you 

Rabu, 12 Maret 2014

Artikel Manajemen


THE ROLE OF FINANCIAL MANAGEMENT

Financial management is the management of the financial functions . Financial functions include fantasize obtain funds ( raising of funds) and how to use these funds ( allocation of funds) . Financial managers are concerned with the determination of the amount of eligible assets from investments in various asset and choose the sources of funds to finance these assets. To obtain funds , financial managers can obtain it from inside and outside the company. Sources from outside the company derived from the capital market , could take the form of debt or equity capital.

Financial management can be defined from the duties and responsibilities of a financial manager . The principal tasks of financial management , among others, include the decision to invest , finance and business activities of a company dividend , thus the task of the financial manager is to plan to maximize the value of the company . Another important activity to do financial managers regarding four aspects:
1.       Financial managers must collaborate with other managers who are responsible for the general planning of the company.
2.       Financial managers must focus on investment and financing decisions , and various things related to it.
3.       Financial managers must cooperate with the managers in the company so that the company can operate as efficiently as possible.
4.       The financial manager should be able to connect the company with the financial markets , where companies can obtain funds and securities can be traded company.

Another important aspect of the company's goals and objectives of financial management is the consideration of social responsibility that can be viewed from four aspects , namely :
1.       If memeksimalisasi financial management led to the share price , it would require good management and efficient according to consumer demand.
2.       Successful companies always put efficiency and innovation as a priority , resulting in new products , new technology invention and expansion of employment.
3.       External factors such as environmental pollution , product safety assurance and safety becomes more important to consider . Fluctuations in all levels of business activity and the changes that occurred in the conditions of financial markets is an important aspect of the external environment.
4.       Cooperation between industry and government is needed to create regulations governing corporate behavior , and vice versa companies comply with these regulations . The company's goal is basically memeksimumkan value of the company with technical considerations.


Basically the goal of financial management is to maximize corporate value . But behind these objectives is a conflict between the owner of the company with funds providers as creditors . If the company goes well , the company's stock value will increase , while the value of corporate debt in the form of bonds is not affected at all. So it can be concluded that the value of stock holdings could be an appropriate index to measure the level of efektifitias company . Based on these reasons , the financial management objectives expressed in terms of maximizing the value of company stock holdings , or to maximize the stock price. The goal of maximizing the share price does not mean that managers should seek increase in value of the shares at the expense of bondholders.

Rabu, 25 Desember 2013

Akibat Rupiah


(Manusia dan Keadilan)



Uang adalah materi yang di butuhkan manusia. Hampir semua kegiatan manusia memerlukan dan menggunakan uang. Orang orang melakukan apa saja demi mendapat uang untuk memuaskan kebutuhan hidupnya. Sampai sampai mereka rela menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Sampai rela juga meninggalkan satu sifat yang tertanam dalam dirinya dari kecil hanya untuk uang yaitu keadilan.

Keadilan di miliki manusia sejak kecil. Namun keadilan bukan berarti tidak bisa hilang. Keadilan bisa hilang di karnakan kurangnya pendidikan internal dan eksternal. Internal yaitu terhadap keluarga dan eksternal yaitu di luar dari keluarga. Keadilan juga bisa hilang karna kurangnya pendidikan agama. Seperti pada jaman sekarang banyak orang besar yang ternama namun tidak mempunyai nilai agama dan tidak  mempunyai rasa adil maka iapun melakukan korupsi.


Rupiah sangat bergantung untuk banyak orang. Tidak sedikit orang besar yang melakukan korupsi yang mengakibatkan keterpurukan bangsa kita, kemiskinan yang tak selesai selesai, dan keadilan yang semeraut di bangsa ini. Coba seandanya di bangsa ini adalah bansa yang adil seperti yang tercantum pada sila ke dua pada panca sila, tak ada lagi keterpurukan dan kemiskinan karna orang orang bisa adil membagi rupiah mereka untuk bangsa ini dan tidak curang walaupun hanya kecurangan kecil. sungguh keadilan sangat di perlukan dan jangan sampai rupiah adalah penyebab hilangnya keadilan di bangsa ini.

Senin, 23 Desember 2013

Akibat Tidak Cinta di Ambil Orang

( Manusia dan Cinta Kasih )

Malaysia juga mempunyai Tarian sejenis Reog Ponorogo yang dinamakan Tari Barongan tetapi memiliki unsur Islam. Tarian ini juga menggunakan topeng dadak merak, yaitu topeng berkepala harimau yang di atasnya terdapat bulu-bulu merak. Deskripsi dan foto tarian ini ditampilkan dalam situs resmi Kementrian Kebudayaan Kesenian dan Warisan Malaysia. Tari Reog Ponorogo - Sejarah - Alur Pertunjukan
Kontroversi timbul karena pada topeng dadak merak di situs resmi tersebut terdapat tulisan “Malaysia”, dan diakui sebagai warisan masyarakat keturunan Jawa yang banyak terdapat di Batu Pahat, Johor dan Selangor, Malaysia.





Hal ini memicu protes berbagai pihak di Indonesia, termasuk seniman Reog asal Ponorogo yang menyatakan bahwa hak cipta kesenian Reog telah dicatatkan dengan nomor 026377 tertanggal 11 Februari 2004, dan dengan demikian diketahui oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.
Ditemukan pula informasi bahwa dadak merak yang terlihat di situs resmi tersebut adalah buatan pengrajin Ponorogo. Ribuan seniman Reog sempat berdemonstrasi di depan Kedutaan Malaysia di Jakarta. Pemerintah Indonesia menyatakan akan meneliti lebih lanjut hal tersebut.

Pada akhir November 2007, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Muhammad Zain menyatakan bahwa Pemerintah Malaysia tidak pernah mengklaim Reog Ponorogo sebagai budaya asli negara itu. Reog yang disebut “Barongan” di Malaysia dapat dijumpai di Johor dan Selangor, karena dibawa oleh rakyat Jawa yang merantau ke negeri tersebut.
Dengan kejadian tersebut hendaklah kita sebagai pemuda penerus bangsa harus melestarikan reog ponorogo. Karena budaya adalah kekayaan bangsa.
Semoga artikel yang membahas mengenai tari reog ponorogo di atas dapat menambah pengetahuan kamu mengenal budaya bangsa Indonesia.

Referensi :

Tari Serimpi


( Manusia dan Pandangan Hidup )

Serimpi sama artinya dengan bilangan empat. Kata Srimpi menurut bahasa jawa artinya "impi atau mimpi". Gerak tari Serimpi menggambarkan pandangan hidup dan sikap wanita Jawa dengan cara yang lebih jelas, seperti perkelahian, persembahan, penerimaan, tangis, peperangan, keberanian, kelincahan, dan ketangkasan. Tarian Serimpi merupakan tarian yang berasal dari Yogyakarta. Tarian ini ditarikan oleh 4 orang putri yang diiringi oleh musik gamelan Jawa. Gerakan tangan dari sang penari yang lambat dan gemulai adalah ciri khas dari tarian Serimpi Yogyakarta. Dari ke 4 putri tersebut, masing-masing melambangkan unsur dunia, yaitu : grama (api), angin (udara), toya (air), dan bumi (tanah). Hal dimaksud melambangkan asal usul terjadinya manusia dan juga melambangkan 4 penjuru mata angin. Pada dasarnya tari Serimpi ini mengambarkan sifat baik dan sifat buruk. Manusia diajarkan untuk selalu berbuat baik sebagai bekal menghadap Sang Pencipta. Dari ke 4 putri tersebut masing-masing mempunyai nama yaitu : Batak, Gulu, Dhada dan Buncit.


 Legenda Tari Serimpi muncul pertama kali di masa kejayaan Kerajaan Mataram yang diperintah oleh Sultan Agung (1613-1646). Tarian ini hanya dipentaskan dalam lingkungan kraton sebagai acara ritual kenegaraan sampai peringatan naik takhta sultan. Kerajaan Mataram terpecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta pada tahun 1775.
Di Kesultanan Yogyakarta, tarian Serimpi digolongkan menjadi 3 yaitu Serimpi Babul Layar, Serimpi Dhempel, Serimpi Genjung. Di Kesultanan Surakarta, tarian Serimpi digolongkan menjadi 2 yaitu Serimpi Anglir Mendung dan Serimpi Bondan.  
Macam-macam Tari Serimpi :

1. Tari Serimpi Cina


Salah satu jenis tari putri klasik di Istana Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ada kekhususan pada tari Serimpi cina, yaitu busana para penari menyesuaikan dengan pakaian cina.


2. Tari Serimpi Padhelori

Diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VI dan VII. Properti yang digunakan dalam tarian ini berupa pistol dan cundrik. Membawakan cerita petikan dari Menak, ialah perang tanding Dewi Sirtu Pelaeli dan dewi Sudarawerti. Tari Serimpi Padhelori mempergunakan lagu pengiring utama Gending Pandhelori.


3. Tari Serimpi Pistol

Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta, yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VII. Kekhususan tarian ini terletak pada properti yang digunakan yaitu pistol.


4. Tari Serimpi Merak Kasimpir

Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta, yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VII. Properti yang digunakan dalam tarian ini berupa pistol dan jemparing. Gending yang dipergunakan untuk mengiringi tari Serimpi Merak Kasimpir adalah Gending Merak Kasimpir.


5. Tari Serimpi Renggawati

Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta, yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana V. Penari Serimpi Renggawati berjumlah 5 orang. Membawakan cerita petikan dari Angling Darmo yang magis, dengan menggunakan tambahan properti sebatang pohon dan seekor burung mliwis putih.


6. Tari Serimpi Pramugari

Salah satu jenis tari putri klasik gaya Yogyakarta, merupakan hasil ciptakan Sultan Hamengku Buwana VII. Tarian ini menggunakan properti pistol. Gending yang dipergunakan untuk mengiringi tari Serimpi Pramugrari adalah Gending Pramugrari.


7. Tari Serimpi Sangopati

Tarian ini dimainkan oleh dua orang penari wanita. Tarian srimpi sangopati karya Pakubuwono IX ini, sebenarnya merupakan tarian karya Pakubuwono IV yang memerintah Kraton Surakarta Hadiningrat pada tahun 1788-1820 dengan nama Srimpi Sangopati kata sangapati itu sendiri berasal dari kata sang apati, sebuah sebutan bagi calon pengganti raja. Tarian ini melambangkan bekal untuk kematian (dari arti Sangopati) diperuntukan kepada Belanda.

8. Tari Serimpi Anglirmendhung

Menurut R.T. Warsadiningrat, Anglirmedhung ini digubah oleh K.G.P.A.A.Mangkunagara I. Semula terdiri atas tujuh penari, yang kemudian dipersembahkan kepada Sinuhun Paku Buwana. Tetapi atas kehendak Sinuhun Paku Buwana IV tarian ini dirubah sedikit, menjadi Srimpi yang hanya terdiri atas empat penari saja.


9. Tari Serimpi Ludira Madu

Tari Srimpi Ludira Madu ini diciptakan oleh Paku Buwono V ketika masih menjadi putra mahkota Keraton Surakarta dengan gelar sebutan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom.Tarian ini diciptakan untuk mengenang ibunda tercinta yang masih keturunan Madura, yaitu putri Adipati Cakraningrat dari Pamekasan. Ketika sang ibu meninggal dunia, Pakubuwono V masih berusia 1 ½ tahun , dan masih bernama Gusti Raden Mas Sugandi. Jumlah penari dalam tarian ini adalah 4 orang putri. Dalam tarian ini digambarkan sosok seorang ibu yang bijaksana dan cantik seperti jelas dituliskan pada syair lagu Srimpi Ludira Madu. Nama Ludira Madu diambil dari makna Ludira Madura yang berarti "Darah/ keturunan Madura".